Embroidery : Stay at Home and Let's Stitching



Ibu-ibu yang lagi pada #dirumahaja karena pandemic covid-19, untuk mengusir sedikit kebosanan ada baiknya mencoba sesuatu yang bisa meningkatkan kreatifitas yakni dengan menyulam. 

Selain  meningkatkan kreatifitas, menyulam pada bahan atau baju yang terlihat boring bisa jadi mempercantik tampilan baju-baju kita dan tentunya meningkatkan mood loh. 
Dan informasi tambahan, beberapa jurnal penelitian juga menyebutkan jika menyulam bisa menjadi media terapi okupasi untuk meningkatkan motorik halus pada anak tunagrahita. Keren kan seni satu ini.

Jadi, hal pertama yang harus disiapkan adalah media sulam. Boleh baju, kaus kaki, Hijab dan sebagainya. Kalau saya menggunakan kaus putih polos yang diujung kiri bagian dada terdapat kantungnya.

Jangan lupa siapkan benang sesuai dengan palete warna kesukaan ibu-ibu. Boleh menggunakan benang merk apapun yang penting ukuranya standar untuk benang sulam. Lalu siapkan jarum sulam, pensil, gunting dan ring/hoop embroidery (boleh pakai yang dari bahan plastik atau kayu seperti punya saya ini ya) diameter hoop juga silahkan disesuaikan.


Kemudian, siapkan gambar pola sederhana (untuk mencari inspirasi pola bisa langsung lihat di Pinterest atau Google Image ya). Lalu gambar pola pada kain menggunakan pensil. Kalau saya akan membuat sulaman bunga di bagian atas kantung dan hanya menggambar batangnya saja sebagai penanda.

Kali ini saya menyulam bunga-bunganya menggunakan tiga Teknik stitch atau tusuk sulam yang sangat-sangat dasar yakni stem stitch, lazy daisies dan french knot. 

Berikut langkah-langkahnya:

Stem Stitch (Tusuk Batang)
Stem stitch kali ini saya gunakan untuk membuat bagian batang pada bunga yang akan saya buat. Berikut cara membuat stem stitch.

Hasil stem stitch

Lazy Daisies 
Stitch ini sangat mudah dibuat, sesuai dengan namanya juga, stitch ini digunakan untuk membuat kelopak bunga daisies atau sunflowers.

Hasil kelopak bunga dengan teknik lazy daisies

French Knot
French knot ini lumayan cukup rumit ya pembuatannya. French knot sendiri dapat digunakan untuk membuat putik bunga atau bunga lavender. Jika Ibu-ibu kesulitan memahami gambar saya. Silahkan nonton Youtube untuk tutorial lebih jelasnya mengenai French knot ini hehe.
And Voillaaaaa !!!

Cukup dengan 3 basic stitch sudah bisa mempercantik tampilan kaos kita kan.
Terimakasih sudah berkunjung.

with love, 

Nadyam.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top