Ladaya Preset

Hi....
8 Mei, 2018 kemarin saya dan Ridho mengunjungi salah satu tempat wisata di Kutai Kartanegara yang beberapa bulan lalu sempat rame, yaitu Taman LADAYA.
Dan sesuai janji saya kemarin di Instagram, saya akan membagikan sedikit resep editing foto ala-ala saya. Kebetulan memang banyak banget teman Instagram yang DM menanyakan resep filter/efek yang saya pakai di foto Ladaya.

Kali ini memang saya ga mau nulis di instagramstories karena capek gitu, dan kalau kebanyakkan ntar storinya berasa kek punya awkarin kan gimana gitu…
Selain itu saya juga mau mencoba untuk menghidupkan kembali blog saya yang sudah lama ga pernah tersentuh ini. :((

Sebelum saya jelaskan panjang lebar mengenai pengaplikasian filter/efek ke foto, saya akan menampilkan foto before afternya terlebih dahulu. 




 before         after 
  

Dan untuk foto terakhir saya mengambilnya menggunakan kamera ponsel ya. 

Oke.

Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah, kalian harus download terlebih dahulu aplikasi VSCO di Appstore atau playstore kalian semua. Aplikasi ini memang gratis saat kalian unduh, tetapi untuk bisa memakai tools dan filter (efek) yang lebih banyak di dalam nya kalian harus berlangganan terlebih dahulu.

Lanjut. Untuk mendapatkan preset/efek/filter yang sama, kalian bisa ikutin tips di bawah ini:

  1. Di sini saya menggunakan filter J5, bisa juga menggunakan HB1 atau HB2 untuk hasil yang lebih kebiru-biruan, dan untuk hasil yang kehijau-hijauan kalian bisa pakai 06.
  2. Atur exposure-nya. Untuk mendapatkan efek dramatis, kalian bisa turunkan exposurenya sampai kira-kira sesuai selera kalian. Kalau saya biasa turunkan sampai (-4.4) tergantung sebanyak apa cahaya pada foto aslinya.
  3. Atur contrast. Turunkan contrast nya agar efek pada foto tidak terlalu bold.
  4. Kemudian pakai highlight. Ini bisa kalian sesuaikan juga ya.
  5. Temperature. Di sini saya pakai (-0.2) untuk mendapatkan warna foto lebih cool, dan buat yang suka warna foto lebih ke warm, kalian bisa naikkan tempraturenya.
  6. Selanjutnya saturation, saya pakai (+ 0.1) untuk menambah warna pada foto, karena kebetulan di foto saya ga ada unsur warm tone jadi saya naikkan saturationnya.
  7. Lalu sharpen foto kalian, naikkan sekitar (+1.8) untuk mempertajam detail foto.
  8. Kemudian tambahkan grain (optional) untuk yang suka foto lebih bertekstur bintik bintik yang saya ga tau gimana jelasinnya, Cuma kalau kalian sering lihat foto 90an itu biasa kaya ada efek semut semut burem (apasih wkwkwk).
  9. Dan terakhir Vignette, naikan vignette nya untuk mendapatkan outer frame lebih gelap biar ala ala Cinematic film gitu loh. 
Demikianlah resep kali ini, mohon maaf apabila tulisan ga rapi dan bahasa yang ga lugas, karena saya sadar ini hanyalah sebuah blog ga jelas dan bukan skripsi wkwkwk.
So, untuk hasil yang lebih keren kalian bisa ciptakan filter atau efek kalian sendiri sesuai ciri khas, karakter atau kepribadian kalian atau apapun itu, tentunya dengan banyak explorasi VSCO atau explorasi aplikasi editing lainnya agar rasa kalian terhadap warna foto bisa peka. dan jangan lupa juga banyak refrensi itu penting kan, kalian juga bisa follow akun instagram seperti VSCOportrait, lostfamily, helloemilie, gypsealust, dan lainnya, yang penting jangan akun lambe lambean atau youlove luna lah ya.


Semoga ini membantu, dan sampai bertemu difilter lainnya. 


Dan kalian yang sudah mencoba ini jangan lupa share hasil editing kalian ke instagram saya di @nadyamunadi atau email di nadyamunadi87@gmail.com. Dan untuk pertanyaan atau kalian pengen kasih tips untuk saya yang masih belajar ini, silahkan langsung tulis di kolom komentar atau email yang sama.





 






CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top